Menjelang penutupan Kegiatan Kemah Bela Negara Nasional 2022, peserta dan induk semang (21/12/2022) melakukan kegiatan bersama-sama di home stay masing-masing. Diantaranya memanen Lele, panen jagung, memberi pakan kambing, motong Bebek dan masak-masak bersama keluarga.

Pagi ini pukul 08.00 WIB, Santoso sudah bersiap untuk memanen lele bersama ayah dan Ibu Eko Mulyono di homestay Dusun 1 Desa Srikuncoro. Kolam yang berada tepat dibelakang rumah merupakan Kolam lele piaraan Bapak Eko yang ternyata juga hobi memancing. Diawali dengan Menguras air dikolam terpal yang berukuran 3 x 6 meter. Tujuanya agar ikan lele lebih mudah diambil. Butuh waktu hampir 1,5 jam untuk menunggu air hingga surut.

“Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya ikut memanen lele, tapi saya tetap antusias karena ini lele-lele nya besar-besar dan juga karena kebersamaan nya jadi seru “. ujar Santoso. Selain memanen lele Pak Eko Mulyono juga menjelaskan Tips budi daya lele di pekarangan rumah.

Menurut ibu Sri “ melalui kegiatan KBN ini harapan saya anak-anak muda ini bisa lebih kreatif dan pandai membaca peluang, karena hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah saja kita bisa menghasilkan pemasukan yang lumayan asalkan kita telaten”.


Sementara di tempat terpisah di Dusun 4 peserta dari Kontingen Sumatera Selatan, Kaur dan Lebong mengikuti kegiatan bersama Induk Semang dengan memetik hasil kebun yaitu jagung, cabe, dan kangkung.


Rina Agustin dari lebong mengatakan “ Ini pengalaman pertama saya ikut ke sawah untuk panen jagung, memetik sayur dan cabe, apa lagi melihat sawah yang luas dan kebun sawit yang banyak, karena ditempat asal saya tidak ada pohon sawit”.


Arditya dari Papua melakukan kegiatan yang sedikit berbeda bersama keluarga Bapak Sumadi. Dihomestay Arditya diajak memberi makan ternak kambing dan memotong bebek untuk dimasak bersama keluarga.


“Saya senang sekali kak diajari motong bebek, karena selama ini saya taunya hanya makanan yang sudah jadi tidak Pernah tau prosesnya seperti apa, mulai dari memotong, mencabut bulunya, sampai proses memasaknya, pokoknya saya beruntung sekali sungguh pengalaman yang luar biasa”.tutup Ardi

 

Pewarta dan Foto: Eka Yulianti (Pusinfo Benteng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *