Doll adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari kota Bengkulu. Alat musik ini memiliki suara yang khas seperti suara bedug, namun bunyi yang dihasilkan dari alat musik doll tidaklah sama dengan alat musik perkusi. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik doll adalah bonggol kelapa yang sudah tua. Bonggol kelapa tersebut dilubangi tengahnya dan ditutupi dengan kulit kambing sebagai selaput penghasil bunyi.

Pada pelaksanaan Kemah Bela Negara 2022 di Provinsi Bengkulu ini, para peserta menyempatkan diri untuk belajar menabuh doll.

 

Adi Imron Ismail Pembina Pendamping peserta KBN dari Kontingen Kwarda Jawa Tengah, Minggu (18/12/2022) mengatakan, berlatih memukul alat musik doll tidak hanya dilihat namun harus juga diresapi.

“Berlatih memukul alat musik Doll ini tidak hanya dilihat namun juga harus diresapi, bagaimana teknik menabuhnya, karena kalau tidak biasa menggunakan emosi dan penjiwaan maka tidak bisa dan itu rata-rata yang sudah berpengalaman di musik atau paling tidak bisa menjaga ritme” ungkap Adi.

Bagi Adi sendiri yang baru pertama kali mengenal doll, belajar menabuh alat musik doll tidak begitu sulit karena ia sudah terbiasa memainkan alat musik rebana.

“Kebetulan basic saya sering bermain alat musik rebana, jadi tinggal mengikuti adik-adik DKD ini, kalau tidak pernah bermain musik rebana tentu agak susah juga” tandasnya.

Adi berharap alat musik doll bisa digabungkan dengan irama klasik dan berkolaborasi dengan lagu baru, lagu anak zaman sekarang yang diiringi musik doll.

Sementara itu Ahmad Hafiz salah seorang pelatih doll dari sanggar AM Hanafi berharap, para peserta KBN bisa mengenal lebih banyak lagi budaya yang ada di Kota Bengkulu dan budaya-budaya yang ada di kota Bengkulu ini bisa tersebar luas.

Pewarta dan Foto: Eka Yulianti (Pusinfo Benteng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *