Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Korea Selatan pada Kamis, 10 Agustus 2023 pagi hari. Suhu udara sekitar 20 derajat Celcius. Cuaca ini berbanding terbalik dengan cuaca panas ekstrem tanpa hujan sebelumnya, terutama di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum, tempat pelaksanaan Jambore Pramuka Sedunia ke-25.

Sebelumnya, tiga negara (Inggris Raya, AS, dan sebagian peserta Singapura) telah menarik diri sejak 6 dan 7 Agustus 2023 karena masalah cuaca panas dan beberapa masalah lainnya pada Jambore Pramuka Sedunia ke-25 tersebut. Belakangan, atas instruksi Pemerintah Korsel, seluruh 39.000 peserta dari 155 negara yang tersisa di area Jambore dipindahkan pada 8 Agustus 2023 menghindari amukan Topan Khanun yang diprediksi memasuki wilayah Korsel pada 9-10 Agustus 2023.

Sejak 9 Agustus 2023 malam hujan deras mengguyur di Korsel, termasuk di area asrama Universitas Wonkwang, tempat penampungan Kontingen Indonesia, bersama kontingen dari India, Mongolia, Polandia, dan Ekuador. Kontingen Indonesia sendiri berkekuatan 1.569 orang dipimpin Ketua Kontingen Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi dan dua wakil ketua kontingen, Ahmad Rusdi dan Berthold Sinaulan. Semuanya dalam kondisi baik dan aman di tempat penampungan.

Pagi 10 Agustus 2023 ini semua peserta Jambore yang ada di asrama tersebut dan bukan hanya dari Indonesia saja mendapat sarapan dua jenis, makanan halal dan makanan vegan. Untuk makanan halal yang tersedia adalah mie bakso. Sebanyak 2.000 mangkuk mie bakso disumbangkan oleh Bakso Bejo, pengusaha kuliner asal Indonesia yang telah cukup lama membuka restorannya di Korsel.

Seusai sarapan, seharusnya ada kunjungan wisata. Namun, atas instruksi Pemerintah Korsel acara wisata dibatalkan untuk menghindari hujan deras dan angin kencang yang tampaknya merupakan bagian dari dampak Topan Khanun.

Selanjutnya, setelah makan siang, acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian di Asrama Universitas Wonkwang. Acara Jambore masih berlanjut sampai 11 Agustus 2023 malam.

Setelah penutupan di World Cup Stadium di Seoul, acara dilanjutkan dengan Konser K-Pop Super Live. Yang menampilkan 18 group K-Pop terkemuka termasuk NewJeans, NCT Dreams, ITZY, MAMAMOO, The Boys, dan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
Kak Berthold Sinaulan, Waka Kwarnas/Kakom Kehumasan & Informatika, telepon +62811108334
Kak Adi Pamungkas, Ka Pusinfo Kwarnas, telepon +6281281111890

Sumber: Pusinfo Kwarnas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *